Selasa, 30 Maret 2010

Kapan dan di mana “abad atom” itu di mulai

Pada AwaL Perang Dunia II, Para ahli menetapkan bahwa Energi yang berasal dari Satu gram Uranium Jika “dibakar” dengan Kondisi Yang Tepat, akan setara dengan 10 Juta x energi yang keLuaR daRi pEmBakaRan Batu Bara daN Udara dengan jumlah berat yang sama. Pada awaL tahun 1940-aN, Ketika perang Berkecamuk di daratan eropa, Para ahli fisika daRi keDua bElah Pihak yang berperang dipeRiNtaHkan MeneLiti UraNium sEbagaimana ia meneliti Kekuatan Yang dilepaskaN atom dalam peMmentukan seBuah Bom.
Di Amerika Serikat sendiri peRLombaan Untuk MencipTakan seBuaH “reAksi berantai” dan membuat Bom Atom Pertama kali dipimpiN OleH seBuaH keLomPok ahli dan Insinyur yang bekerja untuk “ProyeK Mahattan”. Pada Bulan maRet 1943, titik Fokus dari ProyeK ini adalaH LaboratOriuM yang TeMpaTnya SaNgat diraHasiakan, Yang SemuLa MerupaKan Sekolah khusus anak Laki-Laki di DekaT SaNta Fe, New Mexico, Yang beRnama “Los Almos”.

Dua Buah Bom diDesain di Los Almos Yakni seBuaH bom UraNium deNgaN naMa SaMaraN “Little Boy”. DaN seBuah Bom PlutoniuM yang dijuluKi “FaT Man”. Fat maN ini meRupaKan seBuah aLat yang kompleKs yang memerlukaN uJi Coba, Daerah unTuK uji coba dikeNal dengan Nama Trinity, yang meruPakan seBuah GuRun PaSiR di PerdaLaMan deKat Almogordo, New Mexico.
Pada TaNggaL 16 Juli 1945 tePatnya PukuL 5.29.45 Pagi saaT pEraNg GuNung, SecaRa reSmi dunia Memasuki “Abad Atom” KeTika FaT man MemeRangi Langit faJar. HaNya dalam bebeRapa detik LedakaN Trinity meNciptakan sebuah aWaN JamuR Dan keMudian menjadi ikoN terror GloBaL. LedakaN tersebuT meLelehkaN taNah di Bawahnya menjadi Kaca kehijaUan yang mengeriKan daN diliHat dari teMpaT sejauh Albuquerque dan El poso
Dan akhirnya kurang dari sebuLan Kemudian, Bom-bom dari Los Almos diGunaKan Militer Amerika Serikat untuk Mengakhiri perang dengan Jepang. Pada TanggaL 6 Agustus 1945, “Little Boy” dijaTuhkan di Atas Hiroshima dan Tiga hari kemudian duplikat “Fat Man” dijaTuhkaN di Nagasaki. SeJak saat iTu perkembanGan Bom Atom semakin meningkat terbukti banyak negara yang telah mengembangkannya menjadi bom nUklir yang meRupakaN perkembangan dari Bom Atom tersebut. Dimana bom nuklir ini mempunyai daya ledakan yang cukup daysat dibandingkan dengan Bom atom. Beberapa negara yang telah menguji coba bom nuklir ini diataranya yaitu,

1. Amerika Serikat
- Uji Coba PertaMa : 1945
- Uji Coba TerbaRu : 1992
- Total uji Coba : 1.030 (815 di bawah tanah)
AS merupakan Negara pertaMa yang meLakukan uji Coba Nuklir paling banyak dari negara maNa pun di dunia. Dan satu-satunya negara yang menggunakan senjata nuklir saat perang. Seperti pada pengeboMan di Hiroshima dan Nagasaki.
2. Rusia
- Uji Coba Pertama: 1949
- Uji Coba terakhir: 1990
- Jumlah Uji Coba: 715 (496 di bawah tanah)
Rusia Merupakan negara keDua didunia yang melakukan uji coba terbanYak, pada tahun 1961, negara ini melakukan uji coba senjata Nuklir yang terbesar di duNia, dengaN daya LedakaN 50 megaton, apabila dihitUng setara deNgan 50 Juta ton TNT, di pulau Novaya Zemlya, Arktik.
3. Inggris
- Uji Coba Pertama: 1952
- Uji coba teraKhir: 1991
- JumlaH uji coba: 45 (24 di bawah tanah)
Inggris melakukan uji coba pertaMa di kepulauan Monte Bello, Australia. Hingga tahun 1956.
4. Perancis
- Uji coba Pertama: 1960
- Uji coba terakhir: 1996
- Total Uji coba :210 (160 di bawah tanah)
Perancis melakukan uji coba sebanyak 6 kali di Pasifik Selatan antara 1995-1996.
5. China
- Uji Coba pertaMa: 1960
- Uji Coba terakhir:1996
- Total uji coba: 43 (22 di bawah tanah)
Semua uji coba yang dilakukan China dilakukan di Lop Nur, Xinjiang, China Barat
6. India
- Uji coba pertama: 1974
- Uji coba terakhir: 1998
- Total uji coba: 6
Pada 1966, India menyatakan dalam waktu 18 bulan negara tersebut akan menghasilkan senjata nulkir. Delapan tahun kemudian, menguji coba sebuah alat hingga berkekuatan 15 kilo ton dan menyebutnya sebagai sebuah “ledaakan nuklir bertujuan damai” dan pada tahun 1998, negara ini melakukan uji coba di bawah tanah di Pokharan, yaitu negara bagian Rajasthan.
7. Pakistan
- uji coba pertama: 1998
- uji coba terakhir 1998
- total uji coba: 6
pada tahun 1972, setelah perang ketiga dengan India, Pakistan memulai sebuah program nuklir rahasia untuk mengimbangi kemanpuan India dan pada tahun 1998 meledakan 6 alat di bawah tanah di wilayah Baluchiatan dekat dengan perbatasan Afganistan.
8. Korea Utara
Walaupaun uji coba nuklir Korea Utara tidak di lakukan terang-terangan namun berdasarkan pantauan intelejen Korea Selatan bahwa pada hari senin tanggal 9 Oktober 2006 Korea Utara telah melakukan uji coba bawah tanah di Propvinsi Hamgyeong.(RINGKASAN DARI BERBAGAI SUMBER)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar